Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog kumpulansoaltest.blogspot.com Pada kesempatan kali ini akan kami bagikan contoh latihan Soal UAS Semester 2 / Genap Kelas 9 / IX SMP / MTs Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Cuplikan Soal 1 :
A. Pilihlah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d
1. Elektromagnet banyak dipakai pada alat-alat listrik, karena . . . .
a. sifat kemagnetannya yang tetap
b. sifat kemagnetannya yang lemah sehingga mudah diubah-ubah
c. sifat kemagnetannya tidak dapat dihilangkan
d. dapat dibentuk dengan berbagai bentuk sesuai keperluan dan sifat kemagnetannya dapat diubah-ubah
2. Alat listrik di dalam ini yang tidak memakai magnet adalah . . . .
a. bel listrik
b. mikrofon
c. pesawat penerima
d. relai
3. Paku berada dalam medan magnet dan dapat menarik paku lain di dekatnya. Kejadian itu disebut . . . .
a. deklinasi
b. inklinasi
c. induksi
d. konduksi
4. Gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak yang terkuat dalam magnet terdapat pada bagian . . . .
a. kutub utara magnet
b. kutub selatan magnet
c. tengah magnet
d. kedua kutub magnet
5. Bila sebatang baja dijadikan magnet, batang itu menjadi . . . .
a. magnet tetap
b. magnet sementara
c. elektromagnetik
d. kutub magnet
6. Yang menjadi dasar utama timbulnya perbedaan potensial dalam dinamo adalah . . . .
a. pergerakan magnet di sekitar kumparan
b. pergerakan kumparan di sekitar magnet
c. perubahan jumlah garis gaya dalam kumparan
d. perubahan kutub-kutub magnet dalam kumparan
7. Arus listrik dapat ditimbulkan oleh medan magnet. Arus listrik macam ini dinamakan . . . .
a. arus kuat
b. arus lemah
c. arus induksi
d. arus tegangan rendah
Silakan klik link di bawah ini untuk men download soal selengkapnya :
Soal UAS IPA Kelas 9 / IX SMP / MTs Semester 2 / Genap : Soal 1 - Soal 2 - Soal 3
Catatan : Hanya soal, tidak tersedia kunci jawaban
Catatan : Hanya soal, tidak tersedia kunci jawaban
Demikianlah contoh Soal UKK atau UAS / Ulangan Akhir Semester 2 (Genap) Kelas 9 SMP / MTs Mapel IPA. Semoga Bermanfaat.
No comments:
Post a Comment