Tuesday 20 May 2014

Tips cara mengatasi gatal secara alami

Cara mengatasi gatal pada kulit bisa dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami. Gatal dapat terjadi pada kondisi kulit tertentu, misalnya kulit yang terkena luka. Tidak digaruk tapi gatal, kalau digaruk nanti malah tambah parah. Selain itu, kurangnya menjaga kebersihan juga dapat menyebabkan timbulnya gatal.

Gatal yang ringan cukup digaruk saja, tapi bagaimana jadinya kalau rasa gatal itu timbul secara terus menerus? Tentunya perlu penanganan untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

Penyebab Gatal
Ada sejumlah hal yang dapat menyebabkan gatal pada kulit, antara lain faktor kebersihan tubuh yang kurang terjaga, alergi, makanan, penyakit, cuaca, dan gigitan serangga.

1. Kebersihan kurang terjaga
Kebersihan tubuh yang kurang terawat dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kulit akibat jamur, seperti panu, kudis, kurap, dan sebagainya. Selain itu, biang keringan juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa gatal pada kulit.

2. Alergi
Alergi terhadap bulu binatang dapat memicu timbulnya gatal pada kulit. Memang tidak semua orang memiliki alergi ini. Ada orang yang alergi terhadap bulu binatang sehingga timbulya gatal-gatal pada kulit.

3. Makanan
Penyebab gatal berikutnya yaitu makanan. Makanan tertentu dapat memicu timbulnya alergi yang menyebabkan gatal-gatal. Umumnya makanan yang memicu timbulnya reaksi alergi pada kulit yatu telur, susu, beberapa jenis kacang, dan seafood atau makanan laut. Reaksi alergi yang ditimbulkan pun beragam, ada yang gatal ringan dan ada juga gatal diikuti dengan rasa panas pada kulit sesudah digaruk.

4. Penyakit
Penyakit tertentu dapat memicu timbulnya rasa gatal pada kulit, misalnya cacar air. Pada penderita cacar air, biasanya pada tubuhnya terdapat benjolan-benjolan yang berisi cairan. Ketika benjolan-benjolan itu mulai mengering, timbul rasa gatal. Cara menanganinya yatu dengan menaburkan bedak pereda gatal. Selain cacar air, penyakit lainnya yang dapat memicu timbulnya gatal yaitu kencing manis.

5. Cuaca
Orang yang mempunyai kulit peka mempunyai tingkat kesensitifan tinggi terhadap perubahan cuaca, seperti dari dingin ke panas atau sebaliknya. Hal ini dapat memicu timbulnya reaksi alergi yang disebut biduran.

6. Gigitan serangga
Gigitan serangga seperti nyamuk dan kutu rambut dapat menyebabkan gatal. Gigitan serangga tertentu dapat berbahaya sehingga perlu diwaspadai.

Itulah sejumlah penyebab timbulnya gatal. Lalu bagaimana cara menghilankan rasa gatal pada kulit? Memang kini tersedia minyak kayu putih yang seringkali digunakan untuk mengatasi gatal atau benjolan pada kulit akibat gigitan serangga. Namun, ternyata ada berbagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk 
mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Tips Cara Mengatasi Gatal pada Kulit Secara Alami

1. Minyak goreng dan garam
Minyak goreng dan garam yang seringkali dijadikan sebagai bahan masakan ternyata dapat digunakan untuk mengatasi gatal. Caranya, buat campuran antara minyak goreng dengan sedikit garam, kemudian oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal.

2. Daun salam
Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal yaitu daun salam. Caranya, brsihkan beberapa lembar daun salam yang masih segar, tumbuk kasar, kemudian letakkan pada bagian kulit yang terasa gatal.

3. Temu hitam
Untuk mengatasi gatal dengan temu hitam, caranya tumbuk temu hitam, temu kunci dan kunyit hingga halus. Selanjutnya, bahan-bahan yang telah dihaluskan tersebut dioleskan pada kulit yang terasa gatal tiga kali sehari.

4. Leunca
Cara penggunaannya leunca ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian kulit yang tersa gatal.

5. Jahe
Cara mengatasi gatal pada kulit berikutnya adalah dengan menggunakan jahe. Caranya, rebus 15 gram jahe, 30 cc cuka beras putih dan gula merah secukupnya. Rebus di dalam 400 cc air sampai air tinggal setengahnya. Selanjunta, saring air rebusan tersebut lalu diminum.

Itulah tips cara mengatasi gatal pada kulit secara alami. Demikian ulasan tentang penyebab gatal dan cara menghilangkan rasa gatal pada kulit.Semoga bermanfaat bagi sobaat semua.

Sumber : http://www.8indo.com/2014/01/tips-cara-mengatasi-gatal-pada-kulit.html

No comments:

Post a Comment