Friday 18 July 2014

Manfaat Tidur siang bagi Kesehatan

Tidur adalah merupakan salah satu bentuk istirahat yang baik bagi kita. karena tidur dapat mengistirahatkan pikiran dan tenaga bagi kita semua. Sehingga tatkala kita bangun stamina yang kita miliki akan pulih seperti sedia kala. Tidur pada umumnya dilaukan diwaktu malam hari. Namun perlu diperhatikan pula tidur juga perlu dilakukan pada siang hari, karena tidur di siang hari memiliki banyak manfaat bagi kita semua.

Di bawah ini ada beberapa manfaat dari tidur siang yang perlu kita perhatikan, sehingga di waktu beraktifitas, pada siang hari kita luangkan waktu untuk beristirahat siang.
     
Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya tahan otak. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam waktu 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak.

Tidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja. Oleh karena itu, bagi yang mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja agar supaya meluangkan waktu untuk tidur siang agar supaya produktivitas kerja dapat meningkat.

Tidur siang ternyata mampu mengobati nsomia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang sangat bermanfaat bagi penderia penyakit ini dpat lebih bugar. hal ini dikarenakan total waktu istirahat jadi lebih panjang.

Tidur siang ternyata mampu membantu menurunkan stress yang munkin dimiliki oleh manusia. Terdapat sebuah penelitian bahwa hormon stress yang ada pada manusia secara dramatis akan mengalami penurunan stelah dia melakukan tidur siang hari bagi orang yang mungkin pada malam harinya kurang tidur karena mungkin tidurnya kurang nyenyak dan lelap.
   
Tidur siang juga dapat menjadi pencegah penyakit jantung. Jika seseorang melakukan tidur siang hari pendek selama 20 - 40 menit ini akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta penyakit stroke. Hal ini dibuktikan adanya penelitian orang Yunani, dalam penelitiannya menemukan orang yang tidur siang setidaknya selama 30 menit, 3 kali dalam seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 %. dalam penelaitian tersebut, tidur siang yang sehat dilakukan antara jam 1 - 3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari jangka waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika bangun tidur.

Demikian tentang Manfaat dari tidur siang, semoga dari apa yang aku bagikan ke sobat semua ini apat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment