Wednesday 2 November 2016

6 Titik Kunci Rahasia Lovebird Kusumo Untuk Menjadi Lovebird Paling Josss Setiap Lomba. Nomor 3 Bikin Merinding..!!

6 Titik Kunci Rahasia Lovebird Kusumo Untuk Menjadi Lovebird Paling Josss Setiap Lomba. Nomor 3 Bikin Merinding..!!
6 Titik Kunci Rahasia Lovebird Kusumo Untuk Menjadi Lovebird Paling Josss Setiap Lomba. Nomor 3 Bikin Merinding..!!
Yah lovebird Kusumo ikut lomba, udah deh gak ada kesempatan untuk yang lain. Kira-kira begitu ya kalau Ki Kusumo ikut dalam sebuah pertandingan burung :D Ya memang lovebird kusumo ini merupakan jagoan di dunia kicau, siapapun tahu itu. Tapi sahabat pecinta burung, kehebatan Kusumo tidak serta merta ada begitu saja. Ada kunci-kunci rahasia yang dilakukan oleh om Sigit dalam merawatnya. Saya mengutip dari budidayalovebird.com seperti berikut ini.

1. Karakter lovebird
Menurut om Sigit, lovebird kusumo pada awalnya berkarakter sangat gesit, liar, dan sering kali ngeruji. Namun om Sigit terus berusaha memberikan perawatan yang benar, dan ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena mengubah karakter itu butuh waktu dan kesabaran. 

2. Setelan pakan
Hasil dari wawancara oleh sobat penghobi lovebird, om Sigit mengatakan bahwa setelan pakan pada lovebird kusumo sangat sederhana, yaitu hanya diberikan pakan berupa jagung muda dan millet saja. Bila ada pakan lain, itu mungkin menjadi rahasia om Sigit sendiri.

3. Terapi hujan
Om Sigit mencoba menerapi lovebird kesayangannya dengan terapi hujan, hal ini dianggap bermanfaat, diantaranya ialah dapat menambah stamina, mengatasi burung yang malas bunyi, mengasah mental, dan lain sebagainya


4. Pemandian pada lovebird
Kebanyakan sobat penghobi lovebird ketika memandikan lovebird kesayangannya adalah dengan menyemprotnya, sedangkan om Sigit membiarkannya mandi di keramba, dan melatihnya jauh-jauh hari, sehingga lovebird kusumo terbiasa mandi di keramba.

5. Letakkan lovebird dalam rumah
Semenjak lovebird kusumo kurang maksimal ketika lomba di lokasi indoor, maka hal ini membuat om Sigit memutar pikiran, trik nya adalah ketika malam hari selalu memasukkan lovebird  dan digantang di dalam rumah disertai dengan sedikit pencahayaan.


6. Pengembunan untuk lovebird
Lovebird kusumo dikeluarkan atau diembunkan setiap pagi hari, mulai pukul 05.30 hingga muncul terik matahari. Selanjutnya sedikit disemprot dan diletakkan di teras rumah tanpa digantng. Sumber 
budidayalovebird.com

No comments:

Post a Comment