Friday 18 November 2016

Ekor Murai Batu Tidak Panjang? Ini Penyebabnya !!

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Panjang, Burung murai batu memang sudah menjadi dambaan para sahabat kicaku, dengan suara indahnya dan bentuk tubuh yang menarik untuk dilihat serta tidak ketinggalan dengan ciri khas ekor panjangnya membuat burung murai batu laris dipasaran dengan harga yang cukup mahal. Burung murai batu juga sering dijadikan sbagai burung lomba atau kontes. Akan tetapi bagaimana jadinya jika ekor burung murai batu kesayangan anda berubah menjadi pendek? .

Kejadian ekor murai batu menjadi pendek sering dialami oleh sahabat kicaku, Burung murai batu yang selesei mabung atau pergantian bulu, ekornya tidak panjang lagi. Kejadian tersebut seharusnya tidak terjadi. Saat murai batu mabung seharusnya ekor akan bertambah panjang, maksimal sampai pada saat mabung ke empat. Namun bagaimana jadinya jika terjadi kasus yang sebaliknya yaitu ekor menjadi pendek. Tentu itu akan menjadikan burung murai anda tidak menarik lagi untuk dilihat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ekor burung murai batu tidak panjang setelah mabung.



Nah… Kali Ini Info-Kicau akan memberikan Faktor Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Panjang :


  • Murai Batu Sedang Mengalami Stress
    Penyebab ekor burung murai batu tidak panjang pasca mabung apabila burung sedang mengalami stress, kondisi ini sering sekali dialamai pada saat burung murai batu baru pertama mengalami mabung dan dirawat oleh orang yang belum begitu berpengalaman dalam merawat murai batu. Saat pergantian bulu dilarang untuk melihat atau melepas kerondong karena akan membikin burung tidak tenang dan stress.

  • Pemberian Pakan Yang Tidak Tepat
    Pemberian makanan atau nutrisi pada murai batu yang tidak tepat akan mempengaruhi kesehatannya, akibat burung kurang sehat dan kurangnya nutrisi akan memperlambat pertumbuhan bulu terutama pada ekor. Kesalahan memberikan makanan atau kurangnya gizi pada murai batu sebelum proses mabung juga akan mengakibatkan ekor murai batu menjadi pendek setelah mabung.

  • Suhu Udara Terlalu Panas
    Zat lilin pada pangkal bulu ekor murai batu kan menjadi keras dan kering apabila suhu udara terlalu panas, hal tersebut akan menjadikan bulu ekor murai batu menjadi pendek. Usahakan Jangan menjemur apabila matahari sedang terik atau berhadapan langsung dengan sinar matahari.

  • Pengaduan Sebelum Proses Mabung Selesai
    Usahakan Jangan Mengadu burun apabila proses mabung belum selesai. Saat berkicau burung murai batu akan memainkan ekornya. Jika belum selesai mabung dan bulu belum tumbuh sempurna akan berakibat pada pertumbhan bulu ekor murai batu dan akhirnya bulu ekor akan menjadi pendek.


Demikian para sahabat kicaku penyebab Ekor Murai Batu Tidak Panjang. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca penyebab Ekor Murai Batu Tidak Panjang. Simak terus Info-Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Terimakasih !!

sumber : http://info-kicau.blogspot.co.id/

No comments:

Post a Comment