Tuesday 22 November 2016

Ternyata Begini Caranya...!! Tips Membentuk Mental Burung Cucak Ijo ((SHARE))

Burung cucak ijo merupakan burung yang paling mudah dalam pola pemeliharaannya, sehingga menjadikan burung ini begitu diminati oleh banyak orang dibandingkan dengan merawat burung murai batu yang membutuhkan biaya yang mahal untuk membeli kroto. Sedangkan untuk merawat cendet terkadang cukup sulit terutama untuk cendet yang suka banyak tingkah dan birahi yang mudah sekali naik.

Cucak ijo bukanlah burung jenis petarung, sehingga kicauan burung ini disebabkan karena stamina yang fit dan kestabilan siklus birahinya. Lain halnya dengan jenis burung cendet yang mudah sekali untuk berkicau dan memiliki gaya petarung. Supaya burung cucak ijo anda mau berkicau di mana pun dan kapanpun, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara merawat burung ini penuh perhatian. Selain itu anda juga harus sering membawa burung jalan-jalan atau gathering ke tempat yang berbeda.

Cucak ijo yang rajin untuk berkicau di rumah dari pagi sampai sore, tetapi malas atau bahkan tidak mau berbunyi apabila dibawa ke lapangan ataupun ke tempat lain. Hal tersebut disebabkan karena burung yang kurang terlatih, berdasarkan hal itu maka akhirnya dapat diterapkan beberapa cara dalam melatih burung cucak ijo supaya memiliki mental yang bagus, antara lain :


Gambar 1. Burung Cucak Ijo Mini

Cara melatih mental cucak ijo

  • Burung cucak ijo sebaiknya di beri kerodong setiap malam dan pada waktu ngurak.

  • Burung harus dimandikan setiap hari supaya tidak kaget.

  • Menjemur burung cucak ijo, dengan cara di pindah ke tempat lain dan tidak hanya di rumah saja. Untuk melakukan penjemuran dan penggantungan dapat di bawa ke tempat lain untuk meningkatkan mental.

  • Anda harus sering membawa burung jalan-jalan dengan memakai kendaraan dengan cara digendong atau dibawa dengan menggunakan mobil.

  • Sesekali anda juga harus membawa cucak ijo ke tempat latihan bersama, supaya burung dapat lebih terbiasa dalam mendengarkan kicauan dan riuhnya arena perlombaan. Walaupun burung tidak ikut untuk dilombakan, jadi cukuplah hanya di gantang ditempat yang agak berjauhan, tetapi masih bisa mendengar suara burung lain di sekitar lomba.

  • Burung cucak ijo juga harus memiliki stamina yang kuat dan stabil dengan cara memberikan makanan yang cukup, sehingga burung akan memiliki keberanian untuk berkicau. Hal itu sesuai, bahwa apabila burung dalam keadaan lapar atau kekurangan gizi maka jangan berharap burung akan rajin untuk berkicau. Karena tidak mempunyai kondisi stamina yang bagus.

Itulah beberapa hal yang perlu di lakukan supaya burung cucak ijo memiliki mental yang kuat dan rajin berkicau. Selain itu, pemberian pakan ekstra juga sangat membantu dalam menjaga stamina burung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang mempunyai hobi memelihara burung kicau.

Sumber : http://www.burungocehan.link/2015/12/tips-membentuk-mental-burung-cucak-ijo.html

No comments:

Post a Comment