Saturday 25 June 2016

Rem mobil blong saat dijalan? Jangan panik, berikut adalah tipsnya.

Musibah terkadang dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, tidak memandang siapapun dia. Entah kaya, miskin, tua, dan muda sekalipun. Misalnya adalah musibah rem mobil yang blong  dijalan raya, kali ini saya akan memberikan tips bagaimana saja cara memberhentikan mobil yang melaju dengan rem blong dijalan raya.

1. Mejaga diri agar tetap tenang dan jangan panik

The image “http://us.images.detik.com/content/2013/04/13/763/105538_cemasts.jpg” cannot be displayed because it contains errors.
Ilustrasi Panik
sebab jika kita panik maka kita tidak bisa berpikir dan hal ini membahayakan pengguna jalan dan anda sendiri. Biasanya jika orang panik akan melakukan hal-hal yang diluar dugaan

2. Membunyikan klakson dan menyalakan lampu hazzard

https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/12/20/128/1071030/jangan-gunakan-lampu-hazard-saat-kondisi-hujan-W49.jpg
Lampu Hazard
ini adalah indikasi agar pengemudi lain atau orang disekitar anda tahu jika posisi anda dalam keadaan darurat dan genting. Jadi setidaknya mereka bisa minggir atau memberi jalan pada anda

3. Mengurangi persneling mobil

http://www.sportku.com/uploads/images/panel-persneling-pada-mobil-audi-r8-gt-spyder-photo-by-wwwworldcarfanscom-20110809150704-7977.jpg
Persneling Mobil
  • Untuk mobil manual, anda bisa kurangi kecepatan dan menginjak kopling lalu kurangi persneling secara bertahap (5-4-3-2-1)
  • Untuk Truk, anda bisa menggunakan Engine Brake (Rem Mesin) lalu kurangi kecepatan dan injak pedal kopling kemudian kurangi gigi persneling secara bertahap (5-4-3-2-1)
  • Untuk mobil matic (otomatis), kurangi kecepatan anda lalu turunkan tuas persneling ke posisi terendah gigi 1

4.Menggunakan Handrem

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgP0emeJL1gVOl8tBMFaYWa1k6ulcfFtCLGBMfpLIeD7-LovK96bEegAXDq9IxydrH1tsSLguAx7RYlNgTa4ZVvLrtdQaoSUDdmqUVcdKStKTJ_sRPLxIXpRXUTPWgn5eJuwLSPysgPBvE/s1600/menggunakan+rem+tangan.jpg
Persneling mobil
Setelah kecepatan mobil menurun, lakukan pengereman dengan rem tangan (Handrem), tarik tuas handrem secara perlahan atur tekanan pengereman sampai kecepatan mobil melambat.

5. Masuk jalur khusus

http://mobilinanews.com/foto_berita/88jalur_in.jpg

Amati keadaan sekitar, jika terdapat daerah berumput pada bahu jalan, gunakan jalan berumput tersebut untuk menghentikan mobil.


Itu dia tips apabila rem mobil blong dijalan. Semoga berguna buat teman apabila memang terjadi darurat di jalan. Periksalah rem secara teratur untuk mengurangi resiko terjadinya remblong. Dan yang utama tetap Safety First serta tetap waspada dijalan.

Yuk bagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

sumber tulisan: Info cegatan jogja dengan edit seperlunya.


No comments:

Post a Comment